Tips cocok ala saya: KENALI BERBAUR DAN SINERGIKAN

Dipercaya atasan untuk menjalankan tugas dan pekerjaan di daerah terpencil memang sebuah tantangan tersendiri. Apalagi kalau lokasi tempat tugas kita yang baru tersebut harus menyebrangi pulau (luar pulau). Sebab kondisinya pasti akan jauh berbeda dengan tempat kita yang lama. Namun semua itu tidak harus jadi kendala besar, untuk terus maju dan menciptakan prestasi kerja sebaik mungkin.

Dari pengalaman pribadi yang sekarang ini sedang saya jalani, ternyata telah memberikan banyak masukan berharga ketika harus bertugas di luar pulau, untuk mewakili kepentingan kantor pusat tersebut. Kebetulan sekarang ini saya memang sedang bertugas di Lombok. Kalau dihitung-hitung sudah sekitar 2,5 tahun lamanya berada di kantor cabang ini. Awal-awal bertugas di sini memang banyak suka dukanya, karena jujur kondisi kantor cabang yang baru berbeda 180 derajat dengan kantor pusat (kantor lama). Semua itu memaksa saya harus banyak belajar dari lingkungan baru ini. Rasanya seperti berjalan dari titik nol lagi.

KEGIATAN BONGKAR MUAT - LEMBAR 6
Salah satu sisi pelabuhan Lembar – Lombok. Image: dokumen pribadi.

Namun pada akhirnya perjalanan waktu telah memberikan 3 hal smart yang bisa saya rangkum sebagai tips cocok ala saya, ketika harus menjalankan tugas di luar pulau. Semoga tips singkat dan sederhana ini bisa bermanfaat, minimal bagi mereka-mereka yang kebetulan juga akan atau sedang menjalankan tugas di luar pulau.

KENALI

Tinggal dilingkungan baru memaksa kita harus jadi pengamat yang baik. Semua itu wajib kita lakukan agar bisa MENGENALI sekaligus tahu, bagaimana kondisi riel dari lingkungan yang ada di sekitar kita tersebut. Yang pertama kali wajib kita kenali adalah budaya dan kearifan lokalnya. Sebab dengan tahu budaya serta kearifan lokalnya, membuat kita tahu seperti apa karakter orangnya. Hal ini sangat penting dan erat kalitannya dengan dunia kerja yang akan kita jalani nantinya bersama mereka.

Tiap daerah tentu punya adat dan kebiasaan yang berbeda-beda, karena semua itu sangat ditentukan oleh karekter masyarakat yang berdiam di  lokasi tersebut. Dengan mengenali karakter orangnya membuat kita bisa menentukan sikap dan memilih strategi yang tepat, saat harus berinteraksi dengan mereka di kantor atau berurusan dengan pekerjaan sehari-hari. Dengan  mengenali karakter orang  ada di lingkungan baru, bermanfaat juga untuk meminimalisir kres (bersinggungan satu dengan lainnya) ketika berada di meja kerja. Atmosfir dunia kerja yang sangat kondusif penting sekali artinya, untuk menunjang sekaligus menciptakan prestasi kerja sebaik mungkin. Sebab disadari atau tidak, keberadaan kita di tempat baru ini untuk mewakili kepentingan kantor pusat (kantor lama).

MIXAGRIP - PAERAN 1
Suasana morning briefing. Image: dokumen pribadi.

BERBAUR

Berada di lokasi/lingkungan kerja yang baru, juga menuntut kita harus pandai berbaur dengan masyarakat sekelilingnya. Kemampuan beradaptasi dengan cepat dan baik, ikut menentukan kenyamanan kita sendiri saat menjalankan tugas dilingkungan baru tersebut. Jangan meng-eksklusifkan diri lalu memandang sebelah mata pada keberadaan yang lain. Karena hal tersebut justru membuat kita dijauhi. Ujung-ujungnya nanti  pasti akan berimbas pada pekerjaan. Harus diingat bahwa saat menjalankan tugas dan pekerjaan di kantor, kita semua merupakan satu team besar. Jadi tidak boleh ada yang merasa lebih hebat dari lainnya. Karena sejujurnya sukses dan tidaknya sebuah pekerjaan yang kita jalankan nantinya, akan sangat ditentukan oleh kerja sama team (saling support).  Dan semua itu bisa terwujud kalau kita pandai BERBAUR dengan lingkungan baru di tempat kita bertugas. Tentu disesuaikan dengan kapasitas masing-masing.

MIXAGRIP - PAERAN 2
Suasana morning briefing. Image: dokumen pribadi.

SINERGIKAN

Sangat wajar kalau setiap lokasi pasti punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Begitu juga dengan lingkungan kerja kita yang baru tersebut. Asal kita tahu bagaimana mensinergikan semua kelebihan dan kekurangan yang ada, semua itu bisa jadi potensi untuk menciptakan prestasi kerja. Memaksimalkan potensi sebuah lingkungan kerja baru, sebenarnya bisa menjadi masukan untuk membuka peluang baru juga.

Kalau kita terbiasa berfikir secara positif, lingkungan kerja kita yang baru sebenarnya bisa memberikan ide-ide segar pada pekerjaan yang sedang kita tekuni. Berangkat dari kemampuan kita mengenali lingkungan baru dan sekaligus berbaur dengan baik didalamnya, pada akhirnya akan membuat kita jeli mengenali setiap peluang sekaligus potensi besar yang bisa disinergikan satu dengan lainnya. Bukan tidak mungkin potensi tersebut suatu saat nanti bisa jadi terobosan usaha baru bagi bendera perusahaan kita.

Saya percaya tidak ada yang diciptakan Allah sia-sia. Semua pasti ada manfaatnya bagi hidup dan kehidupan manusia. Seburuk apapun kondisi sebuah lokasi/lingkungan baru tersebut. Hanya saja terkadang kita terlanjur berfikir negative dengan kesan pertama yang terlihat oleh mata. Padahal kalau kita dalami dengan baik, sebenarnya banyak hal-hal menarik yang bisa kita manfaatkan disana.  Memang tidak mudah merangkum semua kelebihan dan kekurangan yang ada menjadi sebuah sinergi yang manis. Namun itu bukan berarti tidak bisa kita lakukan. Butuh kesungguhan dan totalitas kita untuk mewujudkan yang tidak mungkin menjadi nyata.

LEMBAR 1
Lingkungan kerja setiap harinya. Image: dokumen pribadi.

KENALI, BERBAUR DAN SINERGIKAN menjadi satu diantara begitu banyak hal-hal positif, yang bisa saya ambil hikmahnya selama bertugas di luar pulau ini. Dan yang selalu mensupport saya agar sehat, fit dan prima terus selama menjalankan  tugas di luar pulau ini adalah MIXAGRIP. Apalagi kondisi cuaca di Lombok dan sekitarnya ini cukup terik karena merupakan daerah kepulauan yang dikelilingi lautan besar.

MIXAGRIP - PAERAN 4
Produk MIXAGRIP COCOK andalan saya. Image: dokumen pribadi.

Jadi gangguan flu mudah menyerang kita. Tak jarang juga cuaca ekstrim disini menyebabkan kita terserang flu dan batuk sekaligus. Tapi selama ada MIXAGRIP, semuanya bisa diatasi dengan baik. Tinggal pilih MIXAGRIP Flu atau MIXAGRIP Flu dan Batuk, sesuai dengan gejala yang kita rasakan. MIXAGRIP……Cocok!  Semoga bermanfaat.

MIXAGRIP - PAERAN 6
MIXAGRIP COCOK – solusi tetap sehat. Image: dokumen pribadi.

Tinggalkan komentar