MENGINTIP POTENSI PELABUHAN LEMBAR 2016

PT Pelabuhan Indonesia III (PERSERO) cabang Lembar, menjadi salah tempat pengembangan usaha bagi PT BJTI PORT Surabaya di pulau Lombok sejak dua tahun yang lalu. Pelabuhan Lembar yang terletak di Kabupaten Lombok Barat – NTB, memiliki geografis: 080-43’-50,2” LS /1160-04’-24,20” BT. Sebagai pelabuhan kelas III, Lembar  memiliki luas perairan 481 Ha dengan luas daratan 156,50 Ha. Untuk alur pelayarannya sendiri memiliki panjang 1.490 meter dan lebar 60 meter. Rintangan bawah airnya meliputi lumpur, air serta batu karang. Khusus untuk kedalaman (LWS) memiliki alur pelayaran 19 m (rata-rata), dengan kolam pelabuhan 6,5 m (rata-rata), sementara didepan dermaga 6 m.

KEGIATAN BONGKAR MUAT - LEMBAR 3

Klasifikasi Pelabuhan Lembar – Lombok – Nusa Tenggara Barat ditinjau dari segi teknis & letak geografisnya merupakan Pelabuhan Alam (natural and protected harbour), tidak menggunakan brak water karena lokasi pelabuhan berada terletak dalam teluk sehingga terlindung dari angin dan gelombang. Sementara Ditinjau dari segi penyelenggaraannya merupakan Pelabuhan Umum untuk melayani kepentingan pelayanan masyarakat pada umumnya.

KEGIATAN BONGKAR MUAT - LEMBAR 4

 

KONDISI ALAM DAN MASYARAKATNYA

LEMBAR - 6

Sisi religius masyarakat di sekitar pelabuhan Lembar yang mayoritas beragama Islam sangat terasa. Sarana ibadah seperti masjid sangat mudah kita temui di tempat ini. Meskipun tekstur tanahnya perbukitan, namun daerah ini cukup subur juga walaupun tidak bisa disejajarkan dengan pulau Jawa. Mata pencaharian masyarakat Lembar juga sangat beragam. Ada yang berprofesi sebagai petani/berkebun, peternak, pedagang, nelayan dan sebagiannya lagi menjadi buruh di pelabuhan.

LEMBAR - 2

Sarana transportasi modern sudah cukup memadai di tempat ini. Meskipun begitu angkutan umum berkategori tradisional seperti dokar banyak juga beroperasi di wilayah Lembar. Hanya saja kedua jenis alat trasportasi massa ini jam operasional benar-benar terbatas. Jadi kalau ingin memanfaatkan angkutan umum harus benar-benar hafal jam operasionalnya.

LEMBAR - 3

Yang paling sering di keluhkan ketika berada di Lembar adalah mahalnya harga makanan matang (siap saji) di warung makanan atau kedai. Padahal untuk jenis makanan yang sama kalau kita beli di pasar tradisional setempat, bisa hemat hampir 50 persenan.  Lembar memang memiliki pasar tradisional yang letaknya tidak begitu jauh dari wilayah pelabuhan. Tiap hari senin pasar Lembar lebih ramai dari hari biasanya, karena ada semacam pasar malam ditempat ini.

LEMBAR - 4

LEMBAR - 1

Lembar juga menjadi pintu masuk wisatawan manca negara dari pintu laut. Sektor pariwisata di pulau Lombok memang sedang menggeliat akhir-akhir ini. Apalagi baru-baru ini Lombok mampu menyabet 2 perhargaan wisata kelas dunia. Hal itu ikut memacu terdongkraknya potensi wisata pulau Lombok secara keseluruhan. Secara tidak langsung kondisi tersebut ikut berimbas juga pada masuknya wisatawan asing lewat pelabuhan Lembar. Tak heran kalau kita sering melihat turis asing menginjakkan kaki di Lembar sebelum melanjutkan perjalanan ke tempat wisata yang mereka tuju.

Piala Kemenangan

 

SISI BISNIS PELABUHAN LEMBAR BAGI PT BJTI PORT

Sebagai pelabuhan kelas III, Lembar sebenarnya memiliki potensi bisnis yang menjanjikan kedepannya. Hal itulah yang bisa dibaca oleh PT BJTI PORT Surabaya, sejak mengembangkan usahanya bermitra dengan PT PELABUHAN INDONESIA III Cabang Lembar kurang lebih dua tahun yang lalu tersebut. Realisasi kerjasama itu meliputi: kerjasama alat berat dan Jasa Operator Mekanik (OM).

KEGIATAN BONGKAR MUAT - LEMBAR 5

Sementara PT BJTI PORT SURABAYA sendiri memiliki Bidang Usaha dan Layanan Utama antara lain:

  1. Terminal Petikemas Domestik

Turunnya angka Import yang melewati jalur Pelabuhan Indonesia tidak serta merta disertai turunnya arus barang antar pulau. Perkembangan perekonomian Indonesia mendorong peningkatan intensitas perdagangan antar pulau. Arus distribusi barang antar pulau yang menggunakan petikemas terus meningkat. BJTI sebagai operator pelabuhan terpercaya siap mendukung kelancaran peti kemas melalui layanan bongkar muat petikemas domestik.

LAPANGAN PENUMPUKAN KONTAINER

  1. Terminal Curah Kering

Sebagai badan usaha pelabuhan terpercaya, PT. BJTI juga menyediakan layanan terpadu kegiatan B/M curah kering yang  mendukung kegiatan industri secara keseluruhan.

Untuk Bidang Usaha Pelayanan Jasa Penunjang antara lain :

  1. Penanganan General Cargo

Diluar layanan Terminal petikemas domestik dan curah kering, BJTI memberikan layanan handling  cargo secara umum (general cargo).

  1. Penanganan Barang Curah Cair

BJTI memberikan layanan curah cair terbaik yang secara keseluruhan didukung dengan fasilitas yang memadai.

  1.  Penanganan Batubara

Melalui Terminal Pelabuhan batu bara di Kawasan Satui Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan, BJTI memberikan layanan kegiatan bongkat muat batubara yang mendukung kelancaran kegiatan industri.

  1.   Pelayanan Container Yard (CY)

BJTI menyediakan lokasi tempat penumpukan petikemas (Container Yard) di Lini II (sekitar wilayah Tanjung Perak) sebanyak 10 (sepuluh) lokasi

      5.  Pelayanan Jasa Forwarding, meliputi :

  • Konsolidasi (Gudang Ekspor). Layanan ini membantu beberapa pemilik    

barang yang akan mengirim barang dengan jumlah kurang dari kapasitas

muat peti kemas.

  • Pengurusan Jasa Kepabeanan (Custom Clearance). Untuk mengurus

ke Kantor Pelayanan Bea dan Cukai Type Madya Tanjung Perak dan Kanwil

Bea & Cukai

  • Pelayanan Petikemas via Intermoda Kereta Api. Pengiriman petikemas

dengan jalur kereta api Surabaya – Jakarta PP dengan jumlah pengiriman

rata-rata 40 container/hari PP.

  • Pelayanan Instalasi Karantina. Tersedia tempat khusus beserta sarana

Yang ada padanya untuk layanan Instalasi Karantina, diantaranya Kegiatan

Fumigasi yang berada di Jalan Prapat Kurung Utara.

  • Pelayanan Transit Petikemas. Memberikan layanan depo transit

sementara terhadap Container Internasional yang akan  diangkut menuju ke

Terminal Petikemas Internasional atau sebaliknya sambil menunggu

penyelesaian dokumen.

KEGIATAN BONGKAR MUAT - LEMBAR 2

Khusus untuk wilayah pelabuhan Lembar, realisasi kerja sama yang dilakukan oleh PT BJTI PORT dengan PT PELABUHAN INDONESIA III (PERSERO) cabang Lembar untuk enam bulan terakhir memiliki output/jumlah produksi sebagai berikut:

 

NO

 

BULAN DAN TAHUN

 

JUMLAH PRODUKSI

 

NILAI DALAM RUPIAH

1 Oktober 2015 3.958 Teus 367.941.000
2 Nopember 2015 4.567 Teus 401.674.000
3 Desember 2015 4.312 Teus 372.120.000
4 Januari 2016 3.844 Teus 325.274.120
5 Februari 2016 3.898 Teus 340.287.500

Rata-rata kenaikan produksi perbulannya sebesar 3 % (persen).

KEGIATAN BONGKAR MUAT - LEMBAR 1

Berbagai macam upaya terus dilakukan untuk meningkatkan jumlah produksi dan pendapatan. Salah satu diantaranya adalah mendatangkan alat berat RS dari Surabaya, untuk menggantikan alat lama (FL) yang tidak layak pakai dan sudah waktunya diganti. Memang banyak faktor yang ikut menentukan atau mempengaruhi hasil produksi atau pendapatan sebuah bidang usaha atau pekerjaan. Selain faktor alat/mesin penunjang utama, kualitas SDM nya juga ikut pegang peranan penting di dalamnya. Sebab bagaimanapun juga manusialah yang menjalankan roda aktifitas/pekerjaan tersebut dalam kesehariannya. Sisi SDM pelabuhan Lembar ini memang diakui butuh peningkatan kualitas.

KEGIATAN BONGKAR MUAT - LEMBAR 7

Selain faktor alat/ mesin penunjang utama dan SDM, sisi infrastruktur serta sarana dan prasarana juga tidak bisa dianggap remeh. Seperti contoh diakhir tahun 2015 yang lalu jaringan listrik khusus di wilayak Lembar juga sering padam. Satu hari bisa lebih dari 2 kali. Hal ini jelas ikut berimbas pada aktifitas bongkar muat pelabuhan yang kebanyakan mesin/alat penunjang pekerjaannya menggunakan listrik sebagai penggeraknya. Jadi saat terjadi lampu mati, pekerjaan benar-benar terhenti total.

PINTU GERBANG LEMBAR

Mengingat usianya yang masih dua tahun, memang butuh kerja keras dan perjuangan yang tidak kenal lelah untuk ‘memoles’ pelabuhan Lembar agar memiliki pesona yang sangat menggiurkan ke depannya. Semua kendala yang ada tidak harus mematikan semangat kita untuk melakukan yang terbaik. Dengan pembenahan step by step diharapkan mampu menutup semua celah yang ‘kurang cantik’. Sehingga kedepannya potensi pelabuhan Lembar benar-benar mampu didulang semaksimal mungkin. Mengingat sektor wisata pulau Lombok yang terus berbenah dan memang sudah kelihatan gaungnya, diharapkan kondisi ini juga ikut menarik masuknya barang dan jasa lewat jalur laut/pelabuhan yang lebih bagus lagi. Sehingga arus bongkar muat pelabuhan ikut terdongkrak naik dan makin ramai geliatnya. Jika faktor ini benar-benar terealisasi, ada celah bisnis bagi PT BJTI PORT Surabaya untuk:

  1. Mendatangkan HT untuk haulage dari kapal ke lapangan penumpukan (seaway)
  2. Mendatang forklift 3 ton untuk aktifitas stapping dan stripping
  3. Mendatangkan Hopper dan Grabe untuk bongkar muat curah

IMG-20160219-WA0002

Masih banyak jalan menuju Roma. Dengan totalitas  dan etos kerja yang baik, semoga makin bertambahnya usia membuat pelabuhan Lembar makin cantik potensinya.

 

KEGIATAN BONGKAR MUAT - LEMBAR 6

Catatan:

Materi penunjang diambil dari:

  1. DISHUBKOMINPO PROVINSI NTB tahun 2009
  2. http://www.bjti.co.id
  3. Hamdimuhammad blogspot

 

 

Tinggalkan komentar