MENGAGUMI 1000 PESONA PULAU LOMBOK

Pasti kita semua kenal dan sangat familier dengan pulau Lombok, salah satu pulau yang ada di wilayah nusantara tercinta, yang kini juga menjadi salah satu destinasi wisata unggulan Indonesia. Indonesia memang di karunia ribuan pulau yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Semuanya memiliki keindahan dan eksotisme masing-masing. Tidak sedikit juga diantaranya yang mampu mendunia dan selalu menjadi jujugan para wisatan, baik dari dalam negeri maupun manca negara. Salah satu diantaranya adalah pulau Lombok yang berada di Nusa Tenggara Barat (NTB) ini.

Secara geografis pulau Lombok mempunyai empat kabupaten yaitu kabupaten Lombok Barat, Lombok Timur, Lombok Tengah dan Lombok Utara. Lombok barat terkenal dengan Senggigi-nya sementara Lombok Tengah punya pantai Kuta- Lombok. Pulau Lombok juga memiliki puluhan pulau kecil yang dikenal dengan sebutan gili. Tiga pulau gili yang terkenal di dunia adalah gili Air, gili Meno dan gili Trawangan.  Ketiga gili tersebut memang menjadi tujuan utama para wisatawan yang berlibur ke pulau Lombok. Sebenarnya tidak hanya tiga gili itu saja yang menawarkan keindahan alam bawah laut, sebab masih ada gili Nanggu, Sudak, Kedis dan gili-gili yang lainnya. Kesemuanya juga menawarkan keindahan alam bawah air yang tidak kalah menariknya.

Akhir-akhir ini gaung pulau Lombok sebagai destinasi wisata memang cukup santer terdengar hingga ke manca negara. Kalau kita kilas balik ke tahun 1997, mungkin animo orang terhadap pulau Lombok tidak seantusias sekarang ini. Apalagi saat terjadi krisis moneter sekitar tahun 1998 membuat geliat wisata di pulau Lombok sempat terhenti. Ditambah lagi tahun 2000 Lombok diterjang kerusuhan antar etnis dan agama. Baru sekitar tahun 2007 potensi wisata pulau Lombok mulai berbenah kembali hingga sekarang. Hal itu terbukti melalui dua penghargaan bergengsi dan sangat prestisius yang mampu di raih pulau Lombok.

Pada ajang The World Halal Travel Summit & Exhbition 2015, Model The Fastest Growing Tourism Sector yang di gelar 19-21 Oktober 2015 di Abu Dhabi, Uni Arab Emirate (UAE) tersebut, Lombok berhasil menggondol:

  • WORLD BEST HALAL HONEYMOON DESTINATION
  • WORLD BEST HALAL TOURISM DESTINATION

Sebuah prestasi yang cukup fantastis untuk Indonesia dan merupakan kabar baik buat pulau Lombok sendiri. Lombok yang mendapat sebutan pulau seribu masjid ini, memang menjadi satu-satunya destinasi wisata di Indonesia yang masuk nominasi Wisata Halal Terbaik di dunia pada 19-21 Oktober 2015 yang lalu di Abu Dhabi. Kultur budaya, keaneka ragaman serta keunikan yang dimiliki Lombok ternyata mampu menawan hati banyak wisatawan.

Piala Kemenangan
Penghargaan yang diterima pulau Lombok pada ajang The World Halal Travel Summit & Exhbition 2015

Dari 14 kategori yang dilombakan, pulau Lombok berhasil masuk pada dua kategori nominasi. Yaitu World’s Best Halal Honeymoon Destination dan World’s Best Halal Tourism Destination. Kriteria dalam menentukan daerah dan destinasi wisata yang masuk nominasi, berdasarkan voting yang dilakukan terhadap wisatawan muslim dunia. Para wisatawan yang memberikan suara adalah mereka-mereka yang pernah mengunjungan destinasi yang dikategorikan. Termasuk kunjungan yang dilakukan panitia The World’s Halal Travel Summit di Lombok sendiri. Keberhasilan pulau Lombok masuk dalam dua kategori tersebut dilihat dari survei kepuasan wisatawan muslim yang datang ke pulau Lombok. Rata-rata mereka senang berada di Lombok, karena setiap tempat penginapan selalu menyediakan fasilitas ibadah seperti sajadah dan arah kiblat.

Pada kategori World’s Best Halal Honeymoon Destination (Destinasi Bulan Madu Halal Terbaik Dunia), Lombok juga mampu bersaing dengan beberapa destinasi lain di dunia seperti Abu Dhabi (UAE), Antalia (Turkey), Krabi (Thailand), dan Kuala Lumpur (Malaysia). Sementara untuk kategori World’s Best Halal Tourism Destination (Destinasi Wisata Halal Terbaik Dunia), pulau Lombok harus bersaing dengan tujuh destinasi dunia lain, yaitu Abu Dhabi, Antalia (Turkey), Aman (Jordan), Doha (Qatar), Istanbul (Turkey), Marakech (Maroko), dan Kuala Lumpur (Malaysia).

Keberhasilan dan prestasi pulau Lombok tidak jatuh begitu saja dari langit. Banyak hal yang telah dilakukan Lombok untuk berbenah. Seperti pada bulan Agustus – September 2015 yang lalu, Lombok menghelat Bulan Budaya Lombok-Sumbawa 2015. Acara tersebut berlangsungkan pada 18 Agustus sampai dengan 16 September 2015, dengan mengambil tempat di Kompleks Islamic Center, sebuah kawasan yang akan menjadi ikon baru pariwisata syariah di NTB.

11222622_866765866732139_4916826785470319833_n
Bulan Budaya yang diselenggarakan Lombok sebagai salah satu bentuk inovasi daerah untuk memperkenalkan potensi wisata yang dimiliki pulau Lombok.
12004129_884467964961929_5386953448058491694_n
Festival Senggigi yang berpusat di Lombok Barat menjadi ajang promosi wisata sekaligus potensi daerah bagi pulau Lombok

Lokasi lain yang dijadikan arena kegiatan adalah Pasar Seni dan Pantai Senggigi untuk momen penutupan BLS,  sementara untuk pembukaan Festival Senggigi, kota tua Ampenan dipilih sebagai lokasi atraksi parade budaya lintas etnis dari 12 etnis di Indonesia. Untuk Taman Mayura dan Jalan Tenun ditetapkan sebagai lokasi pameran kerajinan tenun tradisional dan industri kerajinan batu akik. Ada 24 kegiatan seni budaya dan ekonomi kreatif yang diselenggarakan dengan melibatkan 10 kota dan kabupaten se-NTB. 10 negara jiran seperti Qatar, Kuwait, Jepang, Brunei Darusalam, Cina, Mongolia, Inggris, Jerman, Italia, Amerika Serikat juga diundang untuk pentas lintas negara. Dengan usaha dan kegigihan serta kerja keras yang dilakukan Lombok dalam memperkenalkan destinasi wisatanya pada dunia, tak berlebihan kiranya jika hasilnya berbuah manis dengan berhasil meraih 2 penghargaan bergengsi tersebut.

Kalau pantai di Lombok masuk dalam 10 Pantai Tercantik di dunia rasanya tidak berlebihan. Sebab siapa yang tak terpesona dengan pantai dengan Laut biru jernih sejauh batas mata memandang. Paparan sinar mataharinya cukup menghangatkan kulit.  Hempasan ombak begitu manis dan menggelitik kaki. Pantai-pantai tersebut begitu cantik bagai berlian yang tersembunyi dipelukan pertiwi. Yang lebih membanggakan lagi, dalam daftar yang dimuat oleh Lonely Planet, pantai yang ada di Pulau Lombok-NTB ini disejajarkan dengan keindahan pantai di Kepulauan Hawaii, Bahama, dan Karibia. Rasanya banyak orang yang sependapat dengan hal itu, karena di Lombok bertaburan pantai yang menawan.

PANTAI MAWUN - LOMBOK TENGAH 4
Pantai Mawun yang berada di kabupaten Lombok Tengah, memilik keindahan alam yang begitu menawan. (Dokumen: pribadi)

Meskipun Lombok kaya dengan pantai nan elok, sebenarnya sebagian besar wilayah pulau Lombok didominasi oleh gunung Rinjani yang juga merupakan obyek pariwisata untuk adventure atau petualangan. Gunung Rinjani merupakan gunung yang masih aktif dan merupakan gunung tertinggi kedua setelah Jaya Wijaya yang ada di Irian Jaya. Gunung Rinjani juga menyimpan banyak keindahan seperti gunung Barujari, danau, air panas, satwa liar dan masih banyak lainnya.

Ternyata pendakian gunung Rinjani dianggap sebagai salah satu penjelajahan terbaik di kawasan Asia Tenggara. Trek pendakian gunung Rinjani biasanya di mulai dari Senaru menuju lereng kawah, lalu menuruni kawah danau dan berlanjut ke Sembalun Lawang. Pendakian dengan rute trek ini biasanya menghabiskan waktu 3 hari. Ada juga yang memulai pendakian dari Sembalung Lawang dan berakhir di Senaru. Bagi para pendaki sejati biasanya langsung melanjutkan pendakian ke puncak gunung berapi. Pendakian menuju Rinjani dapat di tempuh dalam waktu 4 hari, dimulai dari Sembalun Lawang dan berakhir di Senaru.

WISATA SERU LOMBOK
Salah satu potensi wisata yang ada di pulau Lombok. (Dokumen: KhasLombok)

Saat menelusuri Rinjani, kita akan bertemu dengan air Terjun Penimbungan di jalur torean Rinjani yang lebih familiar dengan sebutan Penimbungan Waterfall. Selain pesona Penimbungan Waterfall, ada sebuah tempat yang mulai populer di Lombok Timur. Tepatnya di kaki Gunung Rinjani desa Sembalun. Disana ada Bukit Pergasingan dengan ketinggian puncaknya 1.700 meter di atas permukaan laut (mdpl). Puncak bukit ini dinyatakan sebagai surga untuk menyaksikan lanskap laut saat matahari terbit, dan juga pemandangan gunung Rinjani saat matahari terbenam. Tidak cuma itu saja, dari puncak ini kita bisa menyaksikan pemandangan lembah yang diisi petak-petak hijau persawahan dan pemukiman. Sungguh memikat hati.

Selain keindahan alamnya yang begitu memukau, banyak hal lain yang bisa kita lirik di pulau Lombok. Kalau kita berkunjung ke Sekotong dan Gili, disana banyak pembudidayaan mutiara, yang selama ini berperan penting dalam peningkatan ekonomi pulau Lombok. Sementara di daerah Sekarbile banyak dijumpai pengrajin mutiaranya,  selain dikenal juga sebagai sentra pengrajin emas dan perak. Di daerah ini kita bisa membeli mutiara dengan harga yang beragam tergantung dari besar kecilnya mutiara tersebut.

Butiran Mutiara
Potensi aneka jenis mutiara yang dimiliki pulau Lombok. (Dokumen:KhasLombok)

Untuk urusan yang satu ini, agaknya Indonesia patut berbangga memiliki pulau Lombok. Karena dari tempat inilah pesona keindahan mutiaranya terkenal sampai ke seluruh dunia. Keunggulan mutiara Lombok memang sudah diakui dunia, bahkan sudah di eksport ke luar negeri dengan harga yang cukup tinggi. Jika dibandingkan dengan mutiara Tihiti dan mutiara Akoya, mutiara dari pulau Lombok tetap yang terbaik. Meskipun kedua mutiara dari Thiti dan Akoya berkwalitas bagus dan sulit ditemukan, namun mutiara Lombok lebih digemari orang. Keunggulan mutiara Lombok karena mutiara yang dihasilkan besar-besar dan kilaunya sangat indah. Inilah alasannya mengapa mutiara di pulau Lombok tetap menjadi pilihan semua orang, baik dalam maupun luar negeri. Harga yang tinggi memang sebanding dengan keindahan mutiara dari pulau Lombok.

semua khas lombok 2
Perhiasan mutiara sebagai salah satu komoditi andalan pulau Lombok. (Dokumen: KhasLombok)

Mutiara di pulau Lombok dihasilkan dari budidaya mutiara air laut dan budidaya mutiara air tawar. Sampai sekarang masih dilakukan pembudidayaan mutiara disana. Budidaya mutiara dengan air laut menghasilkan mutiara laut, sementara budidaya mutiara air tawar menghasilkan mutiara yang disebut mutiara air tawar.

Selain mutiara, Lombok juga dikenal dengan kain tenun ikat dan songketnya. Tenun Ikat dan Songket di Lombok ini memiliki kwalitas yang sangat baik. Kriteria memilih kain Songket atau Tenun Ikat yang baik bisa lihat dari kehalusan dan kerapihan selama proses pembuatnya. Jika kita lihat kain sebelah dalamnya, disana akan terlihat kerapihan dari benang-benang yang tersusun membentuk pola dan motif kain tersebut. Selain jenis bahan, warna dan corak kain, kain Tenun Ikat dan Songket yang berkualitas baik akan kuat dan tahan lama tanpa pudar warnanya dan tidak mudah lapuk bahannya. Bahkan ada kain songket yang telah berusia 90 tahun dan masih sangat baik kondisinya. Harga yang ditawarkan di galeri-galeri ini disesuaikan dengan tingkat kesulitan dalam membuatnya, bahannya, juga tentu saja lamanya pembuatan. Dari mulai yang berbahan katun, semi Sutra dan Sutra tersedia disana. Di tambah dengan sentuhan Prada yang membuat Tenun dan Songket itu semakin indah.

SONGKET - TENUN LOMBOK 1
Banyak sentra pengrajin tenun yang potensial di pulau Lombok. (Dokumen: pribadi)

Jangan heran kalau harga Tenun Ikat dan Songket disini berkisar antara ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Nilai sebesar itu masih sepadan dengan keindahan, kualitas dan kesulitan dalam membuatnya. Apalagi rata-rata hand made atau buatan tangan. Maka tidaklah mengherankan bila kain Tenun Ikat dan Songket ini menjadi salah satu produk andalan daerah Lombok – Nusa Tenggara Barat. Untuk menyelesaikan sehelai kain songket memakan waktu 1 hingga 1,5 bulan. Tenun ikat dan Songket merupakan salah satu produk andalan juga di Lombok – Nusa Tenggara Barat.

GALERI TENUN - LOMBOK
Galeri tenun sebagai salah satu sarana untuk mempromosikan potensi wisata yang dimiliki pulau Lombok. (Dokumen: pribadi)

Apa yang dilakukan Lombok dalam membangun potensi yang mereka miliki, memang patut menjadi contoh bagi daerah-daerah lain yang mempunyai karakteristik hampir sama dengan pulau Lombok ini. Lombok benar-benar jeli menyasar semua potensi dan cela-cela bisnis yang mereka miliki, guna mendulang sekaligus mengatrol ekonomi daerah secara keseluruhan. Benar-benar Inovasi daerah tanpa henti. Hebatnya lagi geliat pembangunan serta pemberdayaan ekonomi yang dilakukan pemerintah daerah, benar-benar ditunjang oleh seluruh komponen dan elemen masyarakat yang ada disana. Hingga rasanya tak butuh waktu lama bagi Lombok untuk mampu berkibar di kancah dunia. Lombok dengan julukan pulau seribu masjid ini mampu menyandingkan kultur budaya, keaneka ragaman serta keunikan lokal yang mereka miliki, menjadi sebuah potensi ekonomi yang saling menunjang dan bersandingan satu dengan lainnya. Inovasi daerah yang di lakukan Lombok benar-benar tepat pada sasarannya.

LEMBAR - 6
Dengan mayoritas penduduk beragama islam, tidak sulit menemukan masjid di pulau Lombok. (Dokumen: pribadi)
LEMBAR - 3
Angkutan tradisional yang masih ada dan beroperasi di pulau Lombok. (Dokumen: pribadi)
LEMBAR - 4
Pasar tradisional yang ada di wilayah Lembar – Lombok Barat. (Dokumen: pribadi)

Agaknya Lombok benar-benar siap menjadi destinasi wisata dunia dengan menyempurnakan beberapa sarana dan prasarana penunjang seperti bandara udara baru LOMBOK PRAYA dan pelabuhan Lembar. Kedua tempat ini memang menjadi pintu masuk

PORT OF LEMBAR
Port of Lembar yang berada di Lombok Barat menjadi salah satu akses masuk ke pulau Lombok. (Dokumen: pribadi)
AKTIFITAS PELABUHAN LEMBAR 1
Keseharian aktifitas bongkar muat di pelabuhan Lembar – Lombok Barat. (Dokumen: pribadi)

untuk akses ke pulau Lombok. Meskipun masih banyak kekurangan yang harus dibenahi dan terus diperbaiki, secara keseluruhan apa yang dilakukan pulau Lombok selama ini sudah patut diacungi jempol. Sebagai sebuah pulau kecil yang jauh dari keramaian ibu kota, Lombok tahu bagaimana memoles pesonanya, agar layak ‘dilirik’ banyak orang untuk datang dan segera berkunjung. Walaupun letaknya secara geografis tergolong diuntungkan karena berdekatan dengan pulau Bali, tapi bukan berarti kesuksesan wisata di pulau ini datang dengan sendirinya. Sebab apa yang dilakukan pulau Lombok selama ini sudah cukup membuktikan pada dunia bahwa…… Lombok memang punya 1000 pesona untuk dikagumi.

SELAMAT DATANG - BANDARA INTERNASIONAL LOMBOK
Bandara internasional LOMBOK PRAYA yang menjadi akses masuk ke pulau Lombok lewat udara. (Dokumen: pribadi)

Artikel ini diikutsertakan pada Kompetisi Menulis Blog Inovasi Daerahkuhttps://www.goodnewsfromindonesia.id/competition/inovasidaerahku

Tinggalkan komentar